Sebelum Lakukan Seks Oral, Perhatikan Hal Berikut



Sebelum Lakukan Seks Oral, Perhatikan Hal Berikut


Dunia4d2 Prediksi HK - Variasi bercinta dengan seks oral membuat hubungan seksual menjadi tidak terlalu monoton. Kenikmatannya pun menjanjikan, pasangan sudah bisa mencapai klimaks tanpa harus melakukan penetrasi.
MengutipHealth, dalam satu studi 2016, hampir 70 persen perempuan mengaku senang melakukan kegiatan seks oral karena sangat memuaskan. Selain itu, seks oral yang dilakukan pada perempuan biasanya lebih cepat merangsang orgasme. Ini bisa jadi karena seks oral dapat menstimulasi klitoris dengan maksimal yang merupakan titik sensitif perempuan.
Meski demikian, ternyata tidak semua pasangan menyukai variasi bercinta dengan menggunakan sentuhan bibir, mulut, dan lidah ini. Sebagian dari mereka menganggap seks oral berbahaya dan menjijikkan karena melibatkan organ mulut dan berisiko tertular penyakit.
Ya, alasan itu tidak sepenuhnya salah. Menurut seksolog dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM), saat melakukan seks oral kita memang perlu memperhatikan kebersihan mulut dan kelamin. Karena beberapa penyakit seksual bisa ditularkan melalui cairan vagina atau air mani.
“Seks oral tidak akan menimbulkan penyakit bila kedua pasangan sama-sama sehat. Penularan akan terjadi bila salah satu di antara pasangan mengidap penyakit,” jelas dokter yang juga pembawa acara di salah satu stasiun televisi ini.
Walaupun syarat mutlak yang harus dipenuhi sebelum seks oral adalah kedua pasangan harus sama-sama sehat, kita tetap harus waspada dengan memperhatikan kebersihan mulut dan kelamin untuk mencegah adanya risiko penyakit seksual.
Berikut hal yang harus diperhatikan ketika melakukan oral seks seperti yang dijelaskan dr. Haekal.

Kebersihan mulut

Saat melakukan seks oral kemungkinan kita akan mendapatkan cairan vagina atau air mani yang masuk ke dalam mulut. Ini bisa menjadi penyebab penumpukan bakteri dan bisa terkena infeksi dari organ genital seperti gonorhea atau kencing nanah dan infeksi saluran kencing. Human Papiloma Virus (HPV) yang menjadi pemicu kanker serviks juga bisa menular melalui oral seks.
Untuk menjaga kebersihan mulut dengan baik, lakukan gosok gigi, menyikat lidah, dan berkumur dengan obat kumur saat sebelum dan sesudah seks oral. Selain itu kita juga bisa menggunakan kondom saat melakukan seks oral.

Pastikan mulut tidak sariawan

Mulut yang mengalami sariawan bisa menjadi gejala dari Penyakit Menular Seksual (PMS), bahkan HIV/AIDS. Ketika kita melakukan seks oral pada saat sariawan, akan sulit untuk menghindari gesekan atau risiko tergigit. Hal ini akan meningkatkan risiko paparan kuman atau virus pada luka sariawan. Karena itu, sebaiknya hindari melakukan aktivitas seks oral saat kita atau pasangan sedang sariawan

Pastikan organ kelamin bebas infeksi

Saat akan melakukn aktivitas seks oral, pastikan alat kelamin pasangan tidak ada luka atau PMS. Karena meskipun tidak penetrasi, penyakit menular seksual tetap bisa ditularkan lewat cairan air mani atau cairan vagina.
“Jadi pastikan organ kelamin dan mulut bebas infeksi. Jika salah satu pasangan tidak sehat, maka obati infeksinya sampai sembuh, baru boleh bercinta dengan mulut,” tandas dr. Haekal saat dihubungi kumparanWOMAN.