Menilik Kondisi Seni di Tengah Pandemi


Menilik Kondisi Seni di Tengah Pandemi

Dunia4d2 Sabung Ayam - Sangat menyedihkan, pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia ternyata tidak hanya merusak perekonomian dan berbagai aspek penting lain dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam sektor kesenian.
Meski bersifat hiburan, namun peran seni dalam kehidupan kita begitu penting. Seni membantu kita untuk berkomunikasi dalam berbagai bentuk. Bahkan seni bisa menyampaikan hal-hal sensitif yang kadang tak bisa diungkapkan lewat kata-kata.


Di Indonesia sendiri, tak bisa dipungkiri pandemi ini menjadi pukulan keras bagi sektor kesenian. Pada dasarnya aktivitas kesenian di Indonesia banyak bergantung pada pasar dan pendanaan kolektif. Sebenarnya pemerintah selama ini memang banyak ikut andil. Tetapi hanya sekadar memberikan fasilitas bukan untuk menghidupi.


Alhasil, kini banyak musisi dan seniman kontemporer yang lebih memilih untuk menunda dan membatalkan konser dan pamerannya. Tapi tak sedikit pula yang memilih untuk menyiasatinya dengan menggelar konser atau pameran dalam bentuk virtual.
Mungkin hal tersebut terdengar ideal atau win win solution bagi para penggiat seni tetapi tidak bagi penikmat seni. Esensi datang ke sebuah pameran tidak dapat digantikan dengan cara login ke sebuah social media lalu menggerakkan kursor dan kemudian membaca kolom deskripsi yang tersedia.


Tidak ada yang dapat menggantikan physical experience ketika datang ke sebuah pameran, lokakarya, dan pertunjukan musik. Secanggih dan mutakhirnya sebuah teknologi tetap berdiskusi dan bersosialisasi memang lebih menyenangkan dengan bertatap mata secara langsung.