Phexxi, Gel Kontrasepsi Baru untuk Wanita di AS

Phexxi, Gel Kontrasepsi Baru untuk Wanita di AS

Phexxi, Gel Kontrasepsi Baru untuk Wanita di AS

This May 2020 photo shows Phexxi, a contraceptive made by San Diego-based Evofem Bioscience.  The Food and Drug Administration on Friday, May 22, 2020 approved the new contraceptive.   (Christine Blackburne via AP)

Dunia4d2  Prediksi HKJika selama ini alat kontrasepsi yang dikenal hanyalah kondom, spiral, dan juga pil KB, kini Amerika Serikat punya alat kontrasepsi baru berbentuk gel.

Pemerintah Amerika Serikat minggu lalu menyetujui alat kontrasepsi terbaru berbentuk gel yang bisa mencegah kehamilan, Phexxi.

Gel dibuat oleh Evofem Biosciences yang berbasis di San Diego mengandung asam laktat, asam sitrat, dan kalium bitartrat, yang semuanya merupakan tambahan makanan umum.


Gel ini memiliki beberapa kesamaan dengan spermisida, yang menghalangi jalan masuk sperma ke serviks dan memperlambat sperma.

Vagina memiliki pH antara 3,5 hingga 4,5, tingkat yang dibutuhkan untuk menjaga bakteri sehat. Sperma membuat vagina memiliki keasaman antara 7 hingga 8 supaya bisa bertahan hidup. Sementara gel kontrasepsi ini berfungsi untuk mempertahankan pH vagina dalam kondisi asli. Hal ini akan 'membunuh' sperma.

Alat kontrasepsi ini dipakai oleh wanita dan bekerja dengan cara dimasukkan ke organ intim sebelum berhubungan seks.

Tidak seperti alat kontrasepsi lain, kontrasepsi ini hanya perlu digunakan sesaat sebelum berhubungan seks dan tidak mengandung hormon, yang dapat menyebabkan efek samping yang tidak dapat ditoleransi oleh beberapa wanita. Namun meski berfungsi untuk mencegah kehamilan, Phexxi tidak melindungi dari infeksi penyakit seksual menular.

Rencananya, Phexxi akan mulai diluncurkan pada awal September karena mempertimbangkan pandemi COVID-19 saat ini. Gel ini akan dijual dengan kisaran harga US$250-275 (Rp3,6 juta- 4 juta)